Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Mengenal Roudlotut Tholibin (1)

Haul Akbar Masyayikh PP. Roudlotut Tholibin

Roudlotut Tholibin adalah Pondok Pesantren yang terletak di pinggir kota probolinggo, hanya jarak sekitar 500 M dari jalan raya. Terletak di Jl. KH. Fadhol 970 Kelurahan Kademangan Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

Bagi warga probolinggo dan lumajang, pondok pesantren yang kini diasuh oleh KH. Abdul Karim Mujib ini cukup masyhur, karena santri mukim memang didominasi oleh santri yang berasal dari 2 daerah ini baik putra maupun putri, namun walaupun demikian masih ada sebagian kecil santri yang berasal dari jember, pasuruan, surabaya, bahkan luar jawa.

Pondok pesantren Roudlotut Tholibin adalah pondok pesantren yang memiliki ciri khas tersendiri sebagaimana biasanya pondok pesantren lainnya tentu memiliki ciri khas dan itu bergantung pada corak kepemimpinan sang kyai dan dewan pengasuh dan masyayikhnya.

Pendidikan formal berjalan sebagaimana mestinya. Santri putra mulai MTs dan SMA/ SMK dan Santri putri mulai MTs dan MA, sementara untuk jenjang pendidikan dibawahnya masih campur antara putra dan putri. Jadi para santri mulai bearktifitas di sekolah formal sejak jam 07.300 sampai jam 13.00.

Persiapan Sholat Jamaah

Sebelum masuk sekolah formal dilaksanakan, santri memulai kegiatan pagi sejak subuh, mereka mendirikan sholat shubuh berjamaah. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan kajian kitab kuning sesuai dengan kelasnya masing-masing, kitab yang dikaji adalah Al-Ajurumiyah untuk kelas sifir dan kelas satu, kitab Mutammimah untuk kelas 2, kitab Hadits untuk kelas 3 dan kitab Ihya’ Ulumuddin dan Iqna’ untuk kelas 4, 5 dan 6. Pagi mereka juga masih disibukkan dengan bersiap diri berangkat sekolah dan melaksanakan sholat dhuha di Musholla Pondok Pesantren.

Seusai pulang dari sekolah formal, mereka memiliki jam istirahat sampai pelaksanaan jamaah sholat ashar tiba. Kemudian mereka bergegas ke kelas masing-masing untuk sekolah diniyah. Sekolah diniyah dilaksanakan tepat setelah selesai sholat ashar sampai jam 17.00 WIB.

Santri akan memulai kegiatan malam setelah mereka istirahat sejenak untuk makan di kantin pondok yang berada di belakang asrama santri.  Baca lanjutannya disini

Klik disini untuk mendaftar : Formulir Online Pendaftaran Santri Baru

Posting Komentar untuk "Lebih Mengenal Roudlotut Tholibin (1)"

Berlangganan via Email