Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tembusan Mts. Roudlotut Tholibin, Raih Segudang Prestasi





Pendidikan yang ditorehkan oleh KH. Abdul Mujib Abdullah tidak semudah membalikkan tangan. Pendidikan dan karakter kepemimpinan yang beliau lakukan menjadikan sebuah hal yang sangat rumit dilakukan oleh semua orang.  Bagaimana tidak, beliau mendidik dan menanamkan karakter kepada para santrinya sangat gigih dan pantang menyerah, sehingga pendidikan yang beliau lakukan menghasilkan sebuah prestasi yang unggul. Bermula dari hal tersebut, hasil dari didikan beliau merupakan kebanggaan para santri dan alumni sehingga banyak para alumni yang menjadi orang bermanfaat dan barokah. Mengapa demikian ? karena pesantren ini didirikan bukan hanya oleh orang biasa saja, tapi didirikan oleh Waliyullah, Ulama’ besar dengan rasa penuh khidmat dan sungguh sungguh. Selain itu, yang menjadi landasan keberkahan ini adalah kerja keras, gigih, pantang menyerah, dan Istiqomah dalam menjalankan dunia pendidikan pesantren. Sehingga banyak alumni yang menjadi bermanfaaat dan barokah ketika keluar dari pesantren atau salah satu lembaga dibawahannya.

Sa’duallah Amin contohnya, beliau merupakan salah satu siswa Yassaro yang sukses dalam menjalani karir pendidikannya. Sa’dullah Amin lahir dari keluarga yang kurang mampu. Namun, ketidakmampuan tersebut menjadikannya gigh dan punya prinsip yang kuat, hebat dalam perjalanan karir pendidikannya. Lahir di Kota Probolinggo pada  6 November 1996, beliau merupakan anak tunggal dari Bpk. Musthofa dan Alm. Ibu Siti Munawwroh.


Dalam perjalanan menempuh dunia pendidikan, beliau sekolah di RA. Masyitoh Kademangan Kota probolinggo yang merupakan lembaga dibawah naungan Yassaro, pada tahun 2003. setelah lulus, pada tahun 2004 beliau melanjutkan di MI Ihyaul Islam yang juga dibawah naungan Yassaro. Dalam perjalanan menempuh pendidikan pada usia dini, Sa’dullah Amin sering mendaptkan prestasi juara kelas. Sehingga lulus pada tahun 2009. kemudian melanjutkan lagi ke Mts. Roudlotut Tholibin yang juga dibawah naungan Yassaro. Di Mts. Inilah Sa’dullah Amin sering menjadi bintang kelas setiap tahunnya. Bahkan, di akhir kelulusannya beliau mendapatkan apresiasi sebagai Bintang pelajar bersama satu temannya yang bernama Syafik  dari seluruh siswa dan siswi Mts. Roudlotut Tholibin se angkatannya. Jadi, Sa’dullah Amin begitu gigihnya dalam perjuangan demi menempuh dunia pendidikan yang membanggakan kedua Orangtuanya. Dalam riwayat pendidikannya, Sa’dullah Amin banyak memperdalam Ilmu di Yayasan Pesantren Roudlotut Tholibin serta beliau juga salah satu santri kampungan (Istilah bagi santri yang berangkat dari rumah/tidak mondok) di Madrasah Diniyah Roudlotut Tholibin. Setelah lulus dari Mts. Roudlotut Tholibin, pada tahun 2012 Sa’dullah Amin memilih melanjutkan dunia pendidikannya di MAN 2 Kota Probolinggo. Tidak hanya di Mts. Sa’dullah Amin mendapatkan apresiasi, di pendidikan selanjutnya beliau banyak riwayat prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik, baik kelompok maupun perorangan.

Sa’dullah Amin telah meraih banyak prestasi di MAN 2 Kota Probolinggo, diantaranya yaitu : 4 kali  Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Arab Berturut-turut Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kota/Kabupaten Probolinggo, Juara 1 Olimpiade Bahasa Arab Se-Kota/Kabupaten Probolinggo, Juara 1 Musabaoh Tilawatil Qur’an Se-kota/Kab. Probolinggo tahun 2013, Juara 1 Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) Se-Kota/Kab. Probolinggo tahun 2013, Juara 1 MSQ  Se-Kota/Kab. Probolinggo tahun 2014, Menjadi Bintang pelajar MAN 2 Kota Probolinggo Tahun (2014), Aktif vokal  di Hadroh Man 2 dan sering menjuarai  Fesban (Festival Hadroh Al-Banjari).

Prestasi prestasi yang ditorehkan oleh Sa’dullah Amin, menjadikannya lebih semangat lagi dalam menempuh dunia pendidikan. Sehingga pada tahun 2015 beliau melanjutkan dunia pendidikakan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Tentunya, lebih banyak lagi prestasi Sa’dullah Amin dalam perjalanan didunia perkuliahan, serta lebih tinggi lagi hingga tembus Internasional. Bagaimana kisahnya ? tunggu edisi berikutnya......


Oleh : Mahfud Ali


Berlangganan via Email