Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Mengenal Roudlotut Tholibin (2)

 Musyawirin Fathul Mu'in

Kegiatan malam mereka dimulai dari pelaksanaan jamaah sholat maghrib, setelah itu langsung kegiatan Ngaji Al-Qur’an metode Yanbu’a bagi santri kelas sifir sampai kelas 2 diniyah. Sementara untuk santri kelas 3 keatas mengikuti kajian kitab Tafsir Jalalain. Kegiatan tersebut berlangsung sampai adzan isya’ di Masjid AL-Mubarok dikumandangkan. Istirahat sekitar 5 menit, mereka akan melanjutkan kegiatan kajian malam, untuk santri kelas sifir ngaji Nahwu dengan metode Al-miftah, santri kelas satu dan dua ngaji kitab Al-Ajurimuyah, sedangkan santri kelas empat ngaji kitab fathul qorib dan kelas lima dan enam ngaji kitab fathul mu’in.

Pelaksanaan jamaah sholat isya’ di pondok putra cukup malam tepat pada jam 20.30. selang 30 menit setelah itu, kegiatan penutup malam bagi santri adalah Syawir. Syawir adalah kegiatan belajar bersama semua santri sesuai kelas diniyahnya untuk mempelajari kitab/ mata pelajaran yang akan dipelajari esok harinya mulai dari kajian pagi, kajian malam, dan madrasah diniyahnya.

Selain rutinitas harian itu, santri masih memiliki kegiatan bermanfaat lainnya yaitu kegiatan mingguan. Kajian fiqih khusus santri kelas sifir sampai kelas 2, musyawirin fathul qorib untuk santri kelas 3 dan 4 dan musyawirin fathul mu’in untuk santri kelas 5 dan 6 serta musyawirin Al-Ajurumiyah dan Sullam Taufiq untuk santri kelas 2 Diniyah. Dan  juga pembacaan surat yasin dan tahlil setiap malam jum’at, pelaksanaan khitobah dan dibaiyah secara bergantian setiap malam jum’at, pembacaan surat Al-Kahfi setiap pagi hari jum’at, roan bersama setiap pagi hari jum’at dan pembacaan surat waqi’ah dan rotibul haddad setiap sore hari jum’at.

Peringatan Isro' Im'roj

Sedangkan dalam satu bulan sekali, dilaksanakan kegiatan khotmil qur’an bersama dan khitobah dibaiyah kubro dengan menghadirkan narasumber dari kalangan Alumni Senior serta pelaksanaan Forum Bahtsul Masa’il Bulanan yang diikuti oleh santri kelas 3 keatas.

Semua kegiatan ini adalah rutinitas santri di pondok pesantren roudlotut tholibin. Namun selain itu mereka juga bisa memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai minatnya, seperti program tahfidzul qur’an, kursus bahasa arab, kursus bahasa inggris, latihan kaligrafi, latihan tilawah dan juga jurnalistik.

Roudlotut Tholibin juga memberikan peluang kepada mereka yang bersedia untuk belajar lebih mengenai skill tertentu yang akan bermanfat bagi dirinya saat ulang ke rumahnya nanti, seperti bidang pertanian, peternakan, dan manajemen pengelolaan toko, koperasi dan kantin.

Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin adalah pondok pesantren yang mampu memberikan layanan pendidikan formal dan pendidikan pesantren secara seimbang, tanpa menyisihkan salah satunya. Kegiatan formal berjalan sebagaimana biasanya sekolah formal di laur pondok pesantren dan kajian kitab kuning ala pesantren salaf baik sorogan atau melalui madrasah diniyah juga terus dipertahankan sebagai identitas utama dan pertama dari keberadaan pondok pesantren itu sendiri.

lanjutan dari artikel Lebih Mengenal Roudlotut Tholibin (1)
Klik disini untuk mendaftar : Formulir Online Pendaftaran Santri Baru

Posting Komentar untuk "Lebih Mengenal Roudlotut Tholibin (2)"

Berlangganan via Email