Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjuangan Santri di Pesantren


  Pesantren ialah suatu tempat bagi seseorang untuk memperdalami ilmu, khususnya ilmu agama. Akan tetapi, untuk memperoleh ilmu yang dikehendaki, tidak semudah seperti halnya seseorang mengambil rumput di padang rumput, akan tetapi ia harus melewati berbagai rintangan yang menghalangi nya seperti payah, tidak kerasan di pondok pesantren dan lain sebagainya. 

Seperti halnya yang dikatakan oleh SYAIKH YAHYA AL-'IMRITI dalam karyanya(Nadzom Al-imriti) 
لا ترم علما و تترك التعب
"Jangan mengharapkan ilmu ketika engkau tidak ingin payah"

Dari keterangan nadhzom di atas dapat dipahami bahwasanya seorang pelajar ketika ingin mendapatkan ilmu yang ia inginkan, ia harus berusaha terlebih dahulu. 

Akan tetapi ketika ia telah memperoleh ilmu yang dikehendaki, maka jangan jadikan ilmunya hanya sebagai sarana untuk mengejar duniawi, karna jika ia melakukan hal tersebut, maka ia seperti halnya seseorang yang menjual pedang untuk membegal. 

Dan kita sebagai pelajar jangan mengkhawatirkan balasan apa yang akan Allah berikan kepada kita, karena ada sebuah  keterangan yang ada pada kitab BIDAYATUL HIDAYAH :
فابشر فان الملا ءكة تبسط لك اجنحتها اذا مشيت وحيتان البحر تستغفر لك اذا  سعيت
"Berbahagia lah kamu dikarnakan malaikat akan memberikan naungan dengan sayap-sayapnya untukmu dan ikan-ikan dilautan akan meminta permohonan maaf kepada allah untukmu" 
                  
                               والله اعلم با الصواب

Posting Komentar untuk "Perjuangan Santri di Pesantren "