Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ

 PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ

Banyak sekali peristiwa yang terjadi pada bulan Rajab, salah satu diantaranya adalah Isra’ Mi’raj tepat pada tanggal 27 rajab/ 8 Februari kita akan merayakan peristiwa Isra’ Mi’raj.

Isra’ berasal dari fi’il madli asra’a yang secara pengertiannya adalah perjalanan malam, sedangkan Mi’raj secara harfiyyah adalah naik ke atas dengan tangga.

Pengalaman Nabi Muhammad berupa Isra' Mi'raj sebagian dari keimanan karena dalam keberlangsunganya tidak ada satu pun manusia yang melihat kanjeng Nabi melesat secepat kilat dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha, 

Dan dari sinilah Nabi mendapatkanPun tidak ada manusia yang melihat Nabi terbang tinggi menembus awan hingga langit ketujuh. Hal ini sama halnya tidak ada manusia yang melihat nabi menerima wahyu yakni Al-Qur’an dari Allah melalui malaikat Jibril.

Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan hal yang sangat fenomenal dalam sejarah umat manusia. Selain disebutkan secara langsung dalam Al-Qur’an peristiwa penting tersebut sulit dijangkau nalar rasional manusai.

Perjalanan Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Isra’ Mi’raj ditempuh hanya dalam waktu tak lebih dari semalam. Yakni, dari Makkah Masjidil Haram menuju Palestina Masjidil Aqsha, kemudian mengarungi alam semesta raya hingga ke Sidratul Muntaha. Padahal, di masa itu perjalanan dari Makkah ke Masjidil Aqsha butuh waktu kurang lebih satu bulan. perintah wajib Sholat 50 waktu hingga pada akhirnya 5 waktu yang kita kenal sekarang : Sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ dan subuh Wallahu A’lam.

Syuro Roubin

Posting Komentar untuk "PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ"