Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret paripurna kaum hawa

 




Potret paripurna kaum hawa

Ini bukan tentang cinta apalagi tentang rasa. Ini hanya sebuah ringkasan inspiratif tentang putri berakhlak mulia. Ia lahir dari rahim seorang perempuan yang rela hidup sederhana bersama pemimpin islam yang melegenda dan di klaim sebagai pasangan saling bersahaja sejagat raya. Ya, dia adalah putri dari sayidah Khadijah binti Khuwaid dengan nabi Muhammad Saw bin Abdullah yakni Siti Fatimah Az-Zahra.

                Fatimah Az-Zahra merupakan putri bungsu nabi Muhammad Saw. Fatimah lahir di Makkah pada Jum’at 20 Jumadil Akhir lima tahun sebelum akhirnya nabi Muhammad Saw diangkat menjadi Rasul.

                Fatimah Az-Zahra memiliki paras yang cantik, tutur kata dan perilaku yang baik. sebab sebelum Fatimah dipinang oleh sayyidina Ali, ia sangat dekat dengan ayahnya. Menjadi ibu bagi Nabi SAW. Jadi, tidak heran kalau beliau memiliki tutur kata dan perilaku yang baik.

                Title Az-Zahra yang berarti bercahaya dan berkilau di selipkan di nama belakangnya bukan semata hanya karena dia memiliki paras cantik. Karena ta’rif cantik dalam islam tidak hanya memandang dari paras wajah melainkan dari akhlak yang melekat pada dirinya.

                Fatimah memiliki karakter yang memang tidak semua perempuan miliki. Dan karakter ini menjadi ciri khas dari seorang Fatimah Az-Zahra. Fatimah adalah wanita pemalu. Sangking pemalunya, sampai-sampai berwasiat ketika meninggal, beliau minta dimakamkan di malam hari karena tidak ingin dilihat oleh orang lain.

                Mungkin masih banyak dari kalangan kaum Adam yang memiliki perspektif bahwa semua Wanita itu gila harta(baca, materialistik). Tapi mereka harus berfikir dua kali atau berkali-kali jika ingin mengklaim bahwa Fatimah juga memiliki karakter seperti itu. Beliau adalah wanita yang dijamin masuk surga dan menjadi pemimpin wanita-wanita surga.

سيدات نساء أهل الجنة أربع : مريم بنت عمران, فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم, خديجة بنت خويلد, آسية.

"Pemuka ahli surga ada empat : Maryam binti Imron, fatimah binti Rasulillah Saw, Khadijah binti Khuwaid dan Asiah". ( HR. Muslim )

                Maka, seyogyanya bagi para wanita yang merindukan surga untuk menjadikan Sayyidah Fatimah sebagai potret paripurna dalam tiap lini kehidupan. Bukan karena beliau putri Nabi, tapi karena beliau layak untuk kita teladani. Wallahu A’lam.

Fikri Fadly/Syuro Roubin

Posting Komentar untuk "Potret paripurna kaum hawa"