Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIOGRAFI SINGKAT IMAM AL-GHOZALI

 

BIOGRAFI SINGKAT IMAM AL-GHOZALI

Jumadil awal merupakan bulan sang pembaharu islam di lahirkan, Dia adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'I  atau lebih populer dengan nama ImamAl-Ghazali.

Imam Al-Ghazali lahir di Ghazelah, sebuah kota kecil di Tus, Wilayah Khurasan atau sekarang lebih dikenal dengan negara Iran tahun 1058 M/ 450 H. Ia terlahir dengan latar belakang keluarga yang miskin ayahnya hanyalah seorang pemintal kain wol yang pendapatanya kurang untuk memenuhi keluarganya sebelum Imam Al-Ghazali lahir, Ayahnya merupakan seorang yang ta’at yang terkadang disela-sela pekerjaannya yang sibuk dia masih sempat menghadiri majelis ilmu untuk mendengarkan fatwa para ulama’ seketika itu dan meminta do’a supaya nanti anaknya bisa menjadi seseorang yang ta’at. kemudian lahir lah Imam Al-Ghazali. Jelang beberapa tahun setelah lahirnya Imam Al-Ghazali ayahnya meninggal dunia kemudian ke pengasuhan Imam Al-Ghazali diberikan kepada Ahmad yang merupakan saudara dari ayah beliau.

Peristiwa ini tidak membuat hati Si kecil Al-Ghozali menyerah hari demi hari Imam Al-Ghazali semakin remaja sehingga menuntut ilmu sangat lah penting baginya yang kemudian dia belajar kepada Imam Abi Nasar Al-Ismaili yang berada di kota Jurjan yang berada di Timur Tengah, Tidak berhenti sampai disitu dia kemudian berpindah dari satu kota ke kota yang lain Hingga sampailah Al-Ghazali di kota Nisapur, salah satu kota di Iran, untuk menemui gurunya yang bernama Imam Al-Haramain. Mulai dari sinilah Al-Ghazali menunjukkan tanda-tanda kecerdasan otaknya yang mampu menguasai berbagai ilmu pengetahuan seperti, ilmu mantik (logika), falsafah, hingga fiqih madzhab Syafi'i (mazhab fikih dalam Sunni yang dicetuskan oleh Imam Syafi'i).

Dari situlah kemudian Imam Al-Ghazali berkembang banyak karangan kitab mulai dari fan llmu mantik (logika), falsafah, tasawuf dll sehingga penguasaan skil yang baik yang dimiliki oleh Imam Al-Ghozali banyak menghasilkan karya berupa tulisan di antaranya adalah:

        Ilmu Agama:

·                         ·          Al-Munqidh min al-Dalal (Rescuer from Error)

·                         ·          Al-Iqtisad fil-I`tiqad (Median in Belief)

·                         ·          Al-Maqsad al-Asna fi Sharah Asma' Allahu al-Husna (The Best Means in Explaining Allah's                          Beautiful Names)

·                         ·          Faysal al-Tafriqa bayn al-Islam Wal-Zandaqa (The Criterion of Distinction between Islam and                      Clandestine Unbelief)

        Filsafat:

·                         ·          Al-Qistas al-Mustaqim (The Correct Balance)

·                         ·          Maqasid al Falasifa (Aims of Philosophers)

·                         ·          Mihak al-Nazar fi al-Mantiq (Touchstone of Reasoning in Logic)

·                         ·          Miyar al-Ilm fi fan al-Mantiq (Criterion of Knowledge in the Art of Logic)

        Sufisme:

·                         ·          Al-Munqidh min al-Dalal (Rescuer from Error)

·                         ·          Bidayat al-Hidayah (Beginning of Guidance)

·                         ·          Ihya' Ulum al-Din

·                         ·          Kimiya-ye Sa'adat (The Alchemy of Happiness)

Yurisprudensi:

       ·       Al-Mustashfa fi 'Ilm al-Ushul (The Clarified in Legal Theory)

       ·       Al-Wasit fi al-Mathab (The medium [digest] in the Jurisprudential School)  

Imam Al-Ghozali wafat pada tahun 14 Jumadil Akhir 505 H/1 Desember 1111 M di usia 55 tahun dan beliau dikebumikan di Thus tempat kelahirannya wallahua’lam


Posting Komentar untuk "BIOGRAFI SINGKAT IMAM AL-GHOZALI"