Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ADAB MINUM

ADAB MINUM

Setelah membaca web yang sebelumnya tentang adab makan sekarang kita akan membahas tentang adab minum. sebenarnya makan tidak akan lepas dari minum air ini merupakan suatu keterkaitan karena memang seharusnya selepas makan kita dianjurkan untuk minum air . karena minum air setelah makan bisa memperlancar pencernaan selain memperlancar pencernaan Minum air setelah makan bahkan bisa membantu hidrasi tubuh. Hidrasi yang baik penting untuk fungsi organ dan sel-sel tubuh secara keseluruhan. 
Sama dengan pembahasan sebelumnya masih mengenai takrama atau adab sekarang kita akan membahas adab minum disebutkan dalam kitab taisirul khallaq : 
ادابه كثيرة منها : تناول الإناء باليمين والنظر فيه قبل الشرب والتسمية والجلوس ومص الماء لأن عبه يضر الكبد قال النبي صلى الله عليه وسلم : "مصواالماء مصا ولاتعبوه عبا". ومنها : الشرب في ثلاثة أنفاس يسمى في كل واحد ويحمد في آخره ولا يتنفس في الإناء ولا يتجشأ فيه : وإذا شرب وارده ان ييسقي غيره فليقدم من على يمينه على من بيساره ولوكان افضل لأن النبي صلى الله عليه وسلم سقى اعرابيا كان على يمينهقبل أبي بكر وعمررضي الله عنهما وقال : "الأيمن فاالأيمن" 
Adab minum : memegang gelas dengan tangan kanan, melihat pada air sebelum meminumnya, membaca Bismillah, duduk, menghisap air, karena meneguk akan memudaratkan jantung. Telah bersabdalah Nabi Muhammad SAW. : Hisaplah air, jangan kamu meneguknya ! Meminum dengan tiga nafas, dibaca Bismillah pada tiap-tiap satu nafas, membaca Alhamdullilah pada akhirnya, tidak bernafas dan bersendawa dalam gelas, apabila seseorang meminum dan ingin menuangkan(memberikan) air untuk orang lain, maka hendaklah di dahulukan orang sebelah kananya dari kirinya, walau orang sebelah kiri punya kelebihan (terhormat) karena sesungguhnya Nabi SAW memberikan minum untuk orang Arab badui yang ada sebelah kanannya sebelum Abu Bakar dan Umar R.A Nabi bersabda: “Kanan! Maka kanan!” Wllahu A'lam

Syuro Roubin
 

Posting Komentar untuk "ADAB MINUM"