Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ADAB MAKAN

ADAB MAKAN

     KFC, tentu kita sudah mengetahuinya, biasanya berada di pinggir jalan untuk menyapa para pelanggan yaps……. Benar “Makan” merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus terpenuhi. tanpa makan kita tidak bisa beraktivitas dan beribadah dengan sempurna. karena kenapa, Ketika kita tidak makan nanti akan berdampak kepada kurangya asupan energi pada diri kita dan nantinya membuat tubuh akan melemas sehingga membuat tidak semangat untuk melakukan ibadah dan beraktivitas.

    kita tidak hanya dituntut untuk makan agar perut kenyang. Ketika kita hendak makan ada tatakrama atau adab makan yang baik untuk kita lakukan, sebagaimana diterangkan dalam kitab taisirul kholaq karangan syaikh Hafidz Hasan Al-Mas’udi :

اما الاداب التى قبله : فهي غسل اليدين ووضع الطعام على سفرة الأرض والجلوس ونية التقوى على العبادة وترك الأكل مع الشبع والرضا بالحاضر من الطعام وترك ذمه وطلب من يأكل معه. وأما التى معه : فهي البدأ بالتسمية جهرا ليذكر غيره والأكل باليمنى وتصغير اللقمة وإجادة مصغها وترك مد يده الى غيرها قبل الفراغ منها والأكل مما يليه الا في الفاكهة والا ينفخ في الطعام والا يقطعه بالسكين والا يمسح يده به و الا يجمع بين التمر والنوى في إناء والايشرب الماء الاعند الإحتاج إليه. وأماالتى بعده : فهي القياء قبل الشبع وغسل اليدين بعد لعقهما والتقاط التات وحمد الله . ,

    Adapun adab sebelum makan: Mencuci dua tangan, meletakkan makanan diatas meja makan, duduk, niat agar kuat melaksanakan ibadah, tidak makan saat kenyang, ridho (menerima) makanan yang tersedia, tidak mencela makanan dan mencari seseorang untuk makan bersamanya. 

    Adab waktu makan: Memulai dengan Bismillah secara keras agar mengingatkan orang lain, makan dengan tangan kanan, memperkecil suapan, membaguskan kunyahan, tidak menjulurkan tangan ke suapan lainnya sebelum suapannya belum selesai, tidak memakan sesuatu yang mengiringi makanan kecuali buah-buahan, tidak meniup makanan, tidak memotongnya dengan pisau, tidak mengusap tangan dengan makanan dan tidak mengumpulkan kulit dan biji pada satu bejana (piring), tidak meminum air kecuali di butuhkan. 

    Adab selesai makan: Berdiri (berhenti) sebelum kenyang membasuh dua tangan sesudah menjilatnya, memungut sisa makanan dan membaca Alhamdulillah.

Suatu habit {kebiasaan} tidak akan menjadi sebuah keharusan jika tidak dilakukan mulai dari sekarang, menjadi lebih baik dari yang kemarin dengan mengubah diri kita secara bertahap wallahualam....

Posting Komentar untuk "ADAB MAKAN"