Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fadhilah membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at

Fadhilah membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at

 

            Sebagai rosul terakhir, Nabi Muhammad diberi mu’jizat yang luar biasa.Bahkan sampai sekarang mu’jizat tersebut masih ada dan bisa kita rasakan yakni Al-Qur’an. Dalam  Al-Qur’an terdapat 114 surat. Selain membaca al-qur’an menjadi anjuran bagi umat islam, Membaca Al-Qur’an juga terdapat banyak fadhilah, meskipun hanya satu surat saja. Salah satunya terdapat banyak fadilah Ketika membaca surat Al kahfi.







 

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari An-Nasa’i dan Baihaqi Nabi bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

 

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa membaca Al-kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban)

 

Jika dilihat dari kedua hadits tersebut, begitu besarnya fadilah yang tercantum. Maka, bacalah surat Al-kahfi pada hari jum’at meski hanya sepuluh ayat. Mulailah dengan sedikit demi sedikit dan konsisten.

Mengutip dari penjelasan salah satu guru bahwa untuk menjadi konsisten dan istiqomah, lakukanlah terus menerus hingga 40 hari. Jika 40 hari sudah dilakukan, maka lakukanlah secara konsisten 40 hari kelipatannya sehingga kebiasaan mandarah daging dalam diri kita.

Terahir, yuk lakukan perubahan dan Mari kita terapkan prinsip Al-Qur’an is my life [I can’t life without Al-Qur’an]

 

Oleh:Ahmad Syarif Hidayatulloh 

Posting Komentar untuk "Fadhilah membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at"