Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

 

Nabi Muhammad SAW memiliki berbagai macam mu’jizat yang diberikan oleh Allah selama masa hidupnya, namun dari semua mu’jizat yang didapatkan oleh beliau, hanya ada satu mu’jizat yang paling dahsyat yaitu Al-Qur’an. Sehingga kita masih bisa merasakan keberadaannya sekalipun kita terpaut sekitar kurang lebih 1440 tahun dari masa diturunkan Al-Qur’an itu.

Al-Qur’an adalah pedoman bagi umat islam agar dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat dengan mempraktikkan isi kandungannya. Namun selain itu, Al-Qur’an juga mampu mendatangkan keajaiban-keajaiban bagi orang yang membacanya. Sebagaimana disebutkan dalam kitab Durrotun Nasihin, hadits riwayat Muslim :

عَنْ اَبِي اُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ يَقُولُ "اقرَءُوا القُرْآنَ فَإنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القيامةِ شَفِيعًا لأصْحابِه"

Abu Umamah RA berkata : saya mendengan Nabi Muhammad ‘Alaihis Sholatu Was Salam bersabda “Bacalah Al-Qur’an..! karena ia akan dating pada hari kiamat sebagai penolong bagi pembacanya”.

            Membaca Al-Qur’an juga bisa memperkuat kualitas hafalan seseorang. Dalam fashlun fii maa yuuritsu al-hifdzo wa fii maa yuuritsu an-nisyaana, Syekh Zarnuji pengarang kitab Ta’limul Muta’allim menjelaskan :

وقراءةُ القرآنِ مِنْ اسبَابِ الحفظِ

Membaca Al-Qur’an termasuk faktor mampu menghafal.

            Demikian ini bisa menjadi solusi bagi santri/ pelajar dimanapun berada untuk memperkuat hafalan pelajaran-pelajarannya dengan semangat membaca Al-Qur’an. Bahkan Syekh Zarnuji juga mengutip pernyataan seorang ulama yang mengatakan bahwa :

ليْسَ شَيئٌ اَزْيَدَ للحِفظِ مِن قراءةِ القرآنِ نَظْرًا

Tidak ada sesuatu yang lebih mampu menambah (kekuatan daya ingat) sebuah hafalan daripada membaca Al-Qur’an secara nadzor.

Kata نَظْرًا oleh Syekh Ibrohim bin Ismail dalam syarah kitab ta’limul muta’allim diartikan “dengan melihat mushaf”.

Semoga kita senantiasa dijadikan ahlul Qur’an oleh Allah SWT, sehingga berkat Al-Qur’an kita senantiasa mendapat limpahan rahmat dan hidayah-Nya.

 

By : Azry

 


Posting Komentar untuk "Keutamaan Membaca Al-Qur’an"

Berlangganan via Email