Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan 10 Hari Bulan Dzulhijjah




Syaikh Utsman bin Ahmd Asyakir Al-Khoubawy dalam Kitabnya (Dzurrotun Nasihin), Menyebutkan :

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW. Bersabda :

1.     Hari 1 Bulana Dzulhijjah
Merupakan Hari diampuninya Nabi Adam As. barangsiapa berpuasa pada hari pertama, Maka Allah Swt.  akan mengampuni semua dosanya.

2.      Hari 2 Bulan Dzulhijjah
Allah Swt. mengabulkan Doa Nabi Yunus, sehingga Allah Swt. mengeluarkannya dari perut ikan besar. Barangsiapa berpuasa di hari ke 2, Maka Allah Swt. memberi pahala seperti beribadah kepadanya selama 1 tahun dan seperti pahala orang yang tidak bermaksiat dalam ibadahnya meskipun sekejap mata.

3.      Hari 3 Bulan Dzulhijjah
Allah Swt. mengabulkan doa Nabi Zakariya. Barangsiapa berpuasa di hari ke 3, Maka Allah Swt. mengabulkan doanya.

4.      Hari 4 Bulan Dzulhijjah
Merupakan Hari lahir Nabi Isa As. Barangsiapa berpuasa di hari ke 4, Maka Allah Swt. tidak menjadikannya fakir, serta ditemani Malaikat yang Mulia di Hari Kiamat.

5.      Hari 5 Bulan Dzulhijjah
Merupakan Hari lahir Nabi Musa As. Barangsiapa berpuasa di hari ke 5, Maka Allah Swt.  akan membebaskan dari kemunafikan atau siksa kubur.

6.      Hari 6 Bulan Dzulhijjah
Merupakan Hari dibukanya pintu kebaikan kepada Nabinya. Barangsiapa berpuasa di hari ke 6, Maka Allah Swt. akan memberi Rahmat, sehingga tidak  disiksa selamanya.

7.      Hari 7 Bulan Dzulhijjah
Merupakan Hari ditutupnya pintu-pintu Neraka Jahannam dan hanya dibuka 10 Hari awal Bulan Dzulhijjah. Barangsiapa berpuasa di hari ke 7, Maka Allah Swt.  akan menutup 30 pintu kesulitan dan membuka 30 pintu kemudahan.

8.     Hari 8 Bulan Dzulhijjah
Dinamakan hari Tarwiyah. Barangsiapa berpuasa di hari ke 8, Maka Allah Swt. memberi pahala yang tidak diketahui, kecuali  Allah SWT.

9.      Hari 9 Bulan Dzulhijjah
Merupakan Hari ‘Arofah. Barangsiapa berpuasa di hari ke 9, Maka Allah Swt.  akan menghapus dosa satu tahun lalau dan satu tahun yang akan datang.

10.     Hari 10 Bulan Dzulhijjah
Merupakan Hari Idul Adha. Barangsiapa ber-Qurban di Hari 10, Maka setiap tetesan darah qurbannya menjadi ampunan dosa diriya dan keluarganya. Jika memberi makan orang Mu’min atau bershodaqoh, maka Allah membangkitkan dalam keadaan aman di Hari Kiamat, serta timbangannya lebih berat daripada Gunung Uhud.

Kemudian daripada itu, ada hadist yang menjelaskan bahwa "barangsiapa mengucapkan kalimat Tauhid di 10 Hari Bulan Dzulhijjah. Maka pahalanya lebih berat daripada langit dan bumi."


Posting Komentar untuk "Keutamaan 10 Hari Bulan Dzulhijjah"