Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah anda, Dzikir apa yang paling utama ?


                Menurut bahasa dzikir yaitu Mengingat. Sedangkan menurut istilah yitu mengingat kepada Allah Swt. Dan mendekatkan diri kepadanya dengan mengagungkan dzatnya Yang Maha Kuasa.

                Apakah kalian tahu, dzikiran apa yang paling utama? Dzikiran yang paling utama yaitu, membaca kalimat  لااله الاالله   atau disebut dengan kalimat tauhid. Karena kalimat tauhid itu memiliki keutamaan tersendiri. Sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi No. 3383 yang berbunyi :

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، يَقُوْلُ : (( أَفْضَلُ الذِّكْرِ : لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِي ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ ))


 Artinya : Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah laa ilaha illallah (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah).” (HR. Tirmidzi, ia menyatakan bahwa hadits ini hasan) [HR. Tirmidzi, no. 3383. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan].

                Adapun beberapa keutamaan membaca kalimat tauhid diantaranya ; bisa mempertebal iman, diperpanjang umurnya, bahkan ‘aqoid yang 50 itu terkumpul dalam lafadz لااله الاالله  sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh  Imam Abu Ahmad bin Muhammad Ad-dardir  Dalam kitabnya Khoridatul Bahiyah yang berbunyi :

وينـطـوي فــي كلـمـةالإســـلام

 Artinya : Dan merangkumi dari kalimat islam

                Oleh karena itu, sangatlah rugi bagi orang yang tidak memperbayak membaca kalimat tauhid. Karena kalimat tauhid itu dzikir yang paling utama. (Habibullah)








Berlangganan via Email