Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Ilmu

Keutamaan Ilmu



Ilmu adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia  dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

            Ilmu adalah hal yang terpenting bagi kehidupan kita. Ilmu bagaikan cahaya di kehidupan kita. Apabila kita memiliki ilmu, maka hidup kita akan terang benderang dan apabila kita tidak memiliki ilmu, maka hidup kita akan gelap gulita.

            Ilmu lebih baik daripada harta sebagaimana perkataan Ali bin Abi Tholib Roddliyallahuanhu Dalam kitab Adab ad-Dunya wad Din. Hal. 48 oleh Al-Mawardi :

الْعِلْمُ خَيْرٌ مِنْ الْمَالِ .الْعِلْمُ يَحْرُسُك ، وَأَنْتَ تَحْرُسُ الْمَالِ .الْعِلْمُ حَاكِمٌ وَالْمَالُ مَحْكُومٌ عَلَيْهِ .مَاتَ خَزَّانُ الْأَمْوَالِ وَبَقِيَ خَزَّانُ الْعِلْمِ 
أَعْيَانُهُمْ مَفْقُودَةٌ ، وَأَشْخَاصُهُمْ فِي الْقُلُوبِ مَوْجُوْدَةٌ

 Artinya : Ilmu lebih baik daripada harta. Ilmu yang menjagamu, sedangkan kamu yang menjaga harta. Ilmu itu hakim, sedangkan harta dihakimi. Para penyimpan harta meninggal dunia, namun penyimpan ilmu tetap ada. Sekalipun badan mereka tiada, nama mereka tetap ada dalam hati.” (Adab ad-Dunya wad Din hlm. 48 oleh al-Mawardi).

               Oleh karena itu, selagi kita masih hidup dan mampu menuntut ilmu marilah kita menuntut ilmu dan jangan meremehkan ilmu yang sedikit, karena ilmu yang sedikit itu akan berguna di kemudian hari. (Syahid)

Berlangganan via Email