Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fadilah Surat Al-Kahfi

Fadilah Surat Al-Kahfi

         
       Pembacaan surat Al-Kahfi termasuk dari rutinitas santri Ponpes. Roudlotut Tholibin setiap hari jum’at setelah jama’ah sholat subuh. Surat Al-Kahfi yang merupakan surat ke-18 dalam Al-Quran dan terdiri dari 110 ayat ini sebenarnya disunnahkan untuk dibaca pada hari jum’at/ malam harinya sebagaimana dijelaskan dalam kitab Fathul Muin karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-malibari.

          Membaca surat Al-Kahfi pada siang hari lebih baik daripada di malam hari. Dan waktu yang paling utama adalah setelah sholat subuh karena untuk menyegerakan perbuatan baik.

          Banyak sekali keistimewaan surat Al-Kahfi bagi siapapun yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam/ hari jumat, antara lain :

1. Diampuni dosa-dosanya sampai jumat berikutnya
2. Terhindar dari fitnah dajjal
3. Terhindar dari penyakit (bengkak, lambung, lepra, kusta)
4. Sebanyak 70.000 malaikat membacakan sholawat untuknya
5.Dipancarkan cahaya untuknya. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh An nasai dan Al hakim:
مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq (baitullah).”

- فائدة -

حاشية الشيخ ابراهيم البيجورى. ص 223 م الحرمين

 عن سَيِّدِي عَبْدِ الوَهَّابِ الشَّعْرَانِي نَفَعَنَا اللهُ بِهِ أَنَّ مَنْ وَاظَبَ عَلَى قِرَاءَةِ هذَينِ البَيْتَينِ فِي كُلِّ يَومِ جُمْعَةٍ تَوَفَّاهُ اللهُ عَلَى الإِسْلاَمِ مِنْ غَيْرِ شَكٍّ. وَهُمَا "

Dari Sayyid Abdul Wahhab Asy-Sya’roni “bahwa barang siapa yang menekuni pembacaan 2 bait ini di setiap hari jum’at, maka Allah mencabut nyawanya dalam keadaan islam dengan tanpa keraguan. Baitnya adalah:

الهى لست للفردوس اهلا * ولااقوى على نار الجحيم
فهب لي توبة واغفر ذنوبي * فإنّك غافرالذّنب العظيم


Sumber : Kitab I’anatut Tholibin hal. 89 Juz 2


Risalah Ubudiyah edisi 02 (24 Agustus 2018)

Oleh Seksi Ubudiyah Ponpes. Roudlotut Tholibin Putra 2018/ 1439 H.

Baca juga :

Berlangganan via Email