Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

As Syabab Hawlan Nabi



As Syabab Hawlan Nabi

Pemuda selalu menjadi tulang punggung  dalam sejarah peradaban manusia, tak terkecuali dalam sejarah Islam. Rasulullah SAW juga menaruh perhatian lebih kepada para pemuda. Mereka menjadi pemain penting perjuangan masa awal Islam, dengan semangat dan keberanian yang tak tertandingi.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, banyak kaum muda yang berjasa dan mewarnai sejarah Islam. Yang paling dikenal pada zaman Nabi, tentu saja adalah Ali bin Abi Thalib RA.

Saat masuk Islam, mereka masih muda dan terus menunjukkan keberanian dan keperkasaan untuk membela Rasulullah SAW dan Islam. Pada masa setelahnya, juga muncul pemuda-pemuda hebat yang tercatat dengan tinta emas sejarah Islam. Berikut adalah pemuda Islam pada zaman Rasulullah SAW yang berjasa dan memiliki peran luar biasa.

Sepanjang sejarah, Islam memiliki pemuda-pemuda hebat pada zamannya masing-masing. Berikut ini pemuda Islam terbaik sepanjang sejarah:

1. Ali bin Abi Thalib (18 tahun). Produk asli kenabian. Menjadi panglima perang Badar saat duel 3 vs 3. Membunuh dua diantara tiga panglima kaum Qurays. Saat perang, ia mendapat julukan Haidar (macan kumbang).

2. Usamah bin Zaid (18 tahun). Ditunjuk Nabi untuk melakukan ekspansi ke Romawi. Memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar RA. untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu.

3. Sa’ad bin Abi Waqqash (17 tahun). Mendapat julukan The Sniper. Yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah. Tidak pernah meleset. Tepat dan akurat. Termasuk dari enam orang Ahlus Syuro.

4. Zubair bin Awwam (15 tahun). Yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Nabi SAW sebagai pengawal pribadi-nya (Hawari).

5. Zaid bin Tsabit (13 tahun). Penulis wahyu. Dalam 17 malam mampu menguasai bahasa Suryani, sehingga menjadi dewan penerjemah Rasul SAW. Hafal kitabullah dan ikut serta dalam proses kodifikasi Al Qur’an.

6. Attab bin Usaid (18 tahun). Berjiwa pemimpin dari darah Bani Umayyah. Diangkat oleh Nabi SAW sebagai gubernur Makkah setelah Fathu Makkah pada umur 18 tahun.

7. Mu’adz bin Amr bin Jamuh (13 tahun) dan Mu’awwidz bin ‘Afra (14 tahun). Membunuh Abu Jahal, Jenderal kaum musyrikin pada perang Badar.

8. Thalhah bin Ubaidillah (16 tahun). Kehilangan tangan kanan saat melindungi Nabi SAW pada perang Uhud. Orang Arab paling mulia. Menjadi tameng hidup untuk Nabi dan mendapat julukan Syahid yang masih berjalan diatas bumi. Radiyallahu anhum.

Abu Turob/Syuro Roubin

Posting Komentar untuk "As Syabab Hawlan Nabi"