Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TINDAKAN BAIK APAKAH SUDAH MENJADI HAL YANG BAIK ?

TINDAKAN BAIK APAKAH SUDAH MENJADI HAL YANG BAIK ?



Perlu kita kritisi bahwa tindakan yang baik apakah telah menjadi kesempurnaan?. Tentu tidak, memang tindakan itu telah baik namun secara dzohirnya saja. Sedangkan, bagaimana dengan bathinnya?. Dari sini kita perlu mengkritisi bahwa tindakan itu sesuai apa yang di niatkan (bathinnya). Sebenarnya apa ma’na niat itu sendiri, mari kita kupas bersama-sama.
Niat menurut ulama’ ahli fiqih adalah قصدالشئ مقترنابفعله  yang artinya “melakukan sesuatu yang bersamaan dengan pekerjaannya”. Jika kita ingin melakukan sesuatu haruslah bersamaan dengan niat seperti sabda Rosulullah SAW.  yang diriwayatkan oleh Umar Bin Khattab yang berbunyi : إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى, . Yang artinya : “Amal itu tergantung pada niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan (pahala) sesuai niatnya”.
Niat yang dimaksud adalah niat baik. Lantas bagaimana jika kita melakukan perbuatan jelek tetapi niat kita bagus?. Insyaallah kita akan memperolah pahala dari niat bagus kita.
Jika kita memiliki niat bagus, seperti kita niat besok  hari akan puasa. Maka, malaikat akan menulis pahala niat puasa kepada kita meskipun besok kita tidak melakukannya. Dan apabila kita memiliki niatan jelek, seperti nanti malam ini kita akan mencuri. Maka, malaikat tidak akan menulis dosa kita hingga kita melakukan perbuatan tersebut.
Jadi, sesungguhnya mendapatkan pahala tidaklah sulit. Namun, kita saja yang mempersulit untuk mendapatkan pahala tersebut.

Oleh ; M. Syahid Sayuda ( kls 3 Madin & Kelas 1 SMA Sunan Giri )

Berlangganan via Email