Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Anda , Apa Makna Sholat ?





Oleh : Nur Ahmad Farizi

            الصلاة لغة الدعاء  " sholat secara bahasa yaitu do’a. coba kita perhatikan ketika kita hendak melaksanakan sholat pasti disana terdapat do’a. Terutama pada waktu duduk diantara dua sujud yaitu:  

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّى

Yang artinya:”Ya,Allah ampunilah dosaku,belas kasihinilah aku,cukupkanlah segala kekuranganku,angkatlah derajatku,berilah rezeki kepadaku,berilah aku petunjuk,berilah kesehatan kepadaku,dan berilah ampunan kepadaku.”

Dan sholat secara istilah yaitu ucapan dan pekerjaan yang didahului oleh takbir dan diakhiri oleh salam dengan syarat-syarat yang di tentukan. Dan sholat merupakan rukun islam yang nomer dua, setelah membaca dua kalimat syahadat, jadi kita di perintahkan untuk melakukan sholat fardu sehari semalam lima kali. Dan kita wajib mendirikan sholat,sesuai dengan sabda Rosululloh :

 الصَّلاةُ عِمادُ الدِّينِ ، مَنْ أقَامَها فَقدْ أقَامَ الدِّينَ ، وَمنْ هَدمَها فَقَد هَدَمَ الدِّينَ 
  
Artinya : ”sholat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan (sholat), maka ia telah menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan(sholat), maka ia telah merobohkan agama.”  
Jadi, kita harus mendirikan sholat dan tidak boleh meninggalkannya. karena kalau  kita meninggalkannya berarti kita telah merobohkan agama.
            Dan ketika kita sholat, sebaiknya kita sholat berjamaah karena pahalanya lebih banyak dari pada kita sholat sendirian, yang mana sudah diterangkan dalam sebuah hadis yang berbunyi:


                              صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً


Artinya: “sholat berjamaah melebihi 27 derajat dari pada sholat sendirian.”

Kesimpulannya,ketika kita sholat berjamaah lebih banyak pahalanya dari pada sholat sendirian. Dan ada pula  hadis yang menyebutkan, bahwa apabila kita sholat berjamaah selama 40 hari, maka Allah menulis untukmu agar terbebas dari neraka dan sifat kemunafikan. 

عن أنس بن مالك ـ رضي الله عنه ـ قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الْأُولَى كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَتَانِ بَرَاءَةٌ مِنْ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنْ النِّفَاقِ

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbir pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan.” (HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani di kitab Shahih Al Jami’ II/1089, Al-Silsilah al-Shahihah: IV/629 dan VI/314). 

                                                                 

Berlangganan via Email