Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA


 HAK DAN KEWAJIBAN KEPADA ORANG TUA

Berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban kita sebagai seorang anak, dan selayaknya kita menerapkan prinsip disiplin akhlak atau yang sering kita sebut tatakrama. 

Ayah dan ibu merupakan sebab adanya seorang anak. Andai kata bukan karena jerih payah mereka berdua tentu manusia tidak bisa hidup nyaman bahkan mapan. Andai kata tidak ada kesengsaraan mereka berdua, pasti manusia ini tidak dapat merasakan kesenangan.

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا…

’’Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, …(QS An-Nisa/4: 36)

Sebuah Hadist juga Menyebutkan :


وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ رِضَا اَللَّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَيْنِ أَخْرَجَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ.


Artinya, “Dari sahabat Abdullah bin Umar ra, dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, ‘Ridha Allah berada pada ridha kedua orang tua. Sedangkan murka-Nya berada pada murka keduanya,’” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim).

Dalil kitab taisirul khollaq :

لقول الني صلى الله عليه وسلم : " بر الوالدة على الولد ضعفان ".

Berbuat baik pada ibu diatas anak dua kali lipat!.  


Pada intinya jika kita ingin mendapatkan ridho sang ilahi minimal tidak membentak kedua orang tua. Jika kepada orang tua saja  kita tak memiliki adab, bagaimana kepada orang lain ? Jika hubungan kepada orang tua saja kita tak harmonis, bagaimana Allah akan memudahkan jalan kehidupan kita ?. Ingat !

Ibu yang telah mengandung dan tak pernah payah atau bahkan tak pernah mengeluh dalam mengurusi kita saat kecil dulu.

Sedangkan Ayah telah mencurahkan semua kemampuannya dalam mencapai kebaikan untuk perawatan badan dan jiwa anaknya. Oleh sebab itu, anak harus selalu mengingat jasa kebaikan kedua orang tuanya, agar bisa berterima kasih kepada mereka atas jasanya. Setidaknya berikut hal yang bisa kita lakukan untuk membalas jasa orang tua :

1. Mematuhi semua perintahnya, kecuali jika dia memerintah maksiat , maka tidak perlu ditaati.

2.Duduk dihadapnnya dengan sopan. Sopan dalam artian tidak mengungkit kesalahan mereka berdua dan tidak menyakitinya, meskipun itu ucapan yang sederhan seperti “huh” atau “ah” 

3.Tidak membantah kepada orang tua.

wallahu a'lam 

syuro roubin



Posting Komentar untuk "HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA"